Dari Redaksi-14 Jul 2009

oleh kariuxapakabar 

Kariu Baru (6)

Pembaca budiman,   Selamat Datang di situs web kami, pengeposan (posting) tanggal 14 Juli 2009.

Seperti dijanjikan pada pengeposan bulan lalu, di rubrik ”Wawasan Leamoni Kamasune 14 Juli 2009” berlanjut tulisan (oleh salah satu anggota Redaksi) bertajuk “Merdeka” Berarti Daerahnya Dikembalikan kepada yang Punya (Pusaka)-Bagian Kedua (Selesai).

Tulisan dimaksud di samping masih mengacu pada Johannes D. de Fretes (“Kebenaran Melebihi Persahabatan), antropolog Dieter Bartels (“Tuhanmu Bukan Lagi Tuhanku”), juga pada dua jauhari (cendekiawan). Andi Erwing dalam tulisannya “Pembangunan Perdesaan (Ekskluasi Sosial Terhadap Pembangunan Perdesaan Akibat Kebijakan Yang Tidak Berpihak Pada Pembangunan Perdesaan)”. Dan Kepala Pusat Studi Pedesaan dan Kawasan (PSPK) Universitas Gadjah Mada Prof Dr Susetiawan ketika menanggapi RUU baru tentang desa seperti ditulis CyberNews (6/9/2008).

Dua jauhari ini diacu dalam menimbang lebih lanjut UU No.32 Tahun 2004 yang merupakan “induk” seperangkat perundang-undangan kembalinya ke adat di Maluku Tengah, Negeri Adat Kariu (NAK) khususnya. Hal ini terkait dengan “Hutang RI” versi penulisnya. “Hutang RI” pada Maluku, pada Leamoni Kamasune. “Hutang” berupa ‘jaminan bahwa peristiwa serupa (rayat Kariu terusir dari pusakanya yang rata deng tana 6 tahun lebih lamanya) tidak akan terjadi lagi di Maluku, di NAK.

Selanjutnya, pada kesempatan ini, Redaksi ingatkan lagi bahwa media ini adalah sebuah jurnalisme warga untuk Kariu Baru. Bukan merupakan corong Pemerintah NAK apalagi media resmi PNAK. Isinya tidak mesti sejalan dengan kebijakan PNAK. Jadi tentunya PNAK terlepas sama sekali dari tanggung jawab atas isi.

Di rubrik “Kronik Leamoni Kamasune 14 Juli 2009” masih mencagun (muncul) berita-berita seputar NAK.

Begitu do (dolo, dulu)
Selamat membaca.
Danke lai. Amato.

Ditulis dalam Tak Berkategori | SuntingTinggalkan sebuah komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: