Dari Redaksi

Kariu Baru (21)

Pembaca budiman,   Selamat Datang di  situs web kami, pengeposan (posting) tanggal 14 Oktober 2010.

Seperti dijanjikan dalam pengeposan bulan lalu, Opini Redaksi dalam 40-Wawasan Leamoni Kamasune-14 Oktober 2010 ini, adalah tulisan lanjutan di bawah sub judul “Bagian Kedua: DPR RI/Saniri NAK Lemah atau Dilemahkan?”

Pertanyaan yang serupa ketika dalam Bagian Pertama menyoal polisi—dengan posisi Redaksi yang berpihak, mendambakan Kepolisian RI (Polri) yang kuat.

Kini pun, posisi Redaksi serupa. Mendambakan DRR RI yang kuat “menurun” pada Saniri NAK (Negeri Adat Kariu) yang kuat pula.

Pasalnya, hari-hari ini DPR seolah sedang menelanjangi diri sendiri. Redaksi coba mengangkat rencana pembangunan gedung baru DPR RI. Yang ditanggapi oleh Koordinator Forum Masyarakat Pemantau Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang kemudian disitir Kompas (5/9/2010) sebagai tajuk waritanya “Alasan DPR Tak Dapat Dipahami”. Serta kritikan pedas dari sastrawan Radhar Panca Dahana yang menyebut anggota DPR “buta dan tuli”. Yang terakhir ini, seolah dibuktikan oleh sanggahan menggelikan dari anggota Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Michael Wattimena, bahwa kolam renang di gedung baru itu untuk antisipasi mengatasi kebakaran!

Sementara saat tulisan ini sedang disiapkan, kembali DPR unjuk diri. “DPR Akui Praktik Percaloan”, demikian tajuk warita Kompas (13/10/2010). Percaloan terkait anggaran (untuk daerah) yang melibatkan berbagai pihak termasuk anggota DPR.

Lalu kalau lembaga perwakilan rakyat di tingkat nasional berkinerja begitu buruk, bagaimana dengan lembaga serupa di sebuah desa kecil seperti Saniri NAK?

Di 39-Kronik Leamoni Kamasune-14 Oktober 2010, pembaca kembali bisa jumpai warita seputar NAK.

Begitu do (dolo,dulu)
Selamat membaca
Danke lai. Amato

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: